BANI SILSILAH

BANI SILSILAH

[ idiom tematik - iDay, 09f18 ]









Blogger


Nama blog : BANISILSILAH

Bani (anak-cucu turun-temurun) dari seorang insan ...

Silsilah, hubungan darah antar insan yang dapat digambarkan berupa skema / bagan / susunan garis lurus atas-bawah (vertikal) antar trah / derajat / tingkatan / regenerasi (darah keturunan, derajat asal-usul kelahiran, buah perkawinan sepasang leluhur); mencakup hubungan / susunan sejajar (horisontal) antar insan dari saudara orangtua kandung / bapak-ibu alam / biologis, antar saudara sekandung dan saudara tiri. 

Keutamaan silsilah ada pada nasab, asal derajat keturunan dari garis bapak kandung (pancer lanang) sesuai nisbat hukum tentang nasab yang diperinci dalam Syari'at Agama (Islam, Fiqh). 

Skema nasab, bagan silsilah disusun untuk memudahkan mengenali asal-usul yang perlu diketahui para insan secara turun-menurun. Selebihnya, nasab yang valid / sah digunakan sebagai peta silsilah antar keturunan dalam melaksanakan Syari'at Agama (Islam), antara lain keutamaan menerima dan melaksanakan ilmu agama (iman dan taqwa) sebagai sumber / ladang semai ilmu pengetahuan + teknologi, amal ma'ruf nahi munkar, terutama dalam menyelenggarakan tujuan perkawinan sakinah mawaddah wa rohmah till jannah melalui pembinaan / pendidikan keluarga sholeh / sholikah. 

Asal nasab beserta perincian silsilah keluarga (family tree) dan kekerabatan juga amat penting dalam menyelenggarakan hubungan mu'amalah, misal: pernikahan (pertemuan jodoh); anjuran tentang wanita khasanah yang boleh atau larangan dinikahkan / dinikahi, penetapan hak waris (dalam Islam), kepemimpinan dalam keluarga batih, dan hubungan masyarakat / sosial-budaya lainnya. 

by iDay





Bacaan :
  • nasab ... ref. 1 - 2 - 3
  • silsilah ... ref. 1 - 2 - 3









 editor by iDay, 13g08 edited 23g12