Daftar Kerabat










Sistem Kekerabatan 



Kekerabatan adalah hubungan kekeluargaan seseorang dengan orang lain yang mempunyai hubungan darah atau keturunan yang sama dalam satu keluarga.

Sistem kekerabatan merupakan suatu cara pengklasifikasian seseorang berdasarkan cara masyarakat diorganisasikan menjadi kelompok- kelompok dan bagaimana kelompok tersebut berkaitan satu dengan yang lainnya (Ibrahim, 2016; Keesing, 1981).

Secara garis besar, hubungan kekerabatan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu:
  • Sistem kekerabatan parental / Bilateral.
  • Sistem kekerabatan Patrilineal.
  • Sistem kekerabatan Matrilineal.

Sistem kekerabatan parental / Bilateral 
Sistem ini menarik garis keturunan dari pihak ayah dan ibu. Anak menghubungkan diri dengan kedua orangtuanya dan juga kerabat ayah-ibunya secara bilateral. Contoh, suku yang menggunakan sistem ini adalah: Jawa, Sunda, Madura, dan Bugis.

Sistem kekerabatan Patrilineal 
Sistem ini menarik garis kekerabatan dari pihak ayah. Sistem ini menghubungkan anak dengan kerabat ayah berdasarkan garis keturunan laki-laki secara uniteral. Dalam masyarakat patrilineal keturunan dari pihak bapak dinilai memiliki kedudukan yang lebih tinggi dan terhormat. Contoh, suku yang menggunakan sistem ini adalah: Batak, Bali, Ambon, dan Asmat.

Sistem kekerabatan Matrilineal 
Sistem ini menarik garis kekerabatan dari pihak ibu. Sistem ini menghubungkan anak dengan kerabat ibu berdasarkan garis keturunan perempuan secara uniteral. Dalam masyarakat matrilineal, keturunan garis ibu sangat penting, sehingga menimbulkan hubungan kekeluargaan yang lebih rapat dan meresap di antara warganya yang seketurunan garis ibu. Menimbulkan konsekuensi yang lebih besar daripada garis keturunan bapak, misalnya dalam hal pembagian warisan. Contoh, suku yang menggunakan sistem ini adalah suku Minangkabau.








Sumber bacaan : 
  1. https://www.kompas.com/stori/read/2023/02/28/160000179/apa-yang-dimaksud-dengan-sistem-kekerabatan?page=all - 28 Februari 2023 16:00 wib 
  2. https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/pengertian-sistem-kekerabatan-fungsi-dan-jenis-jenisnya-21LblzuaIKF - 10 Oktober 2023 09:10 wib 
  3. https://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_kekerabatan 





*
**
*





Daftar Kerabat 






KELUARGA BESAR EYANG WONODRONO 


KELUARGA BESAR EYANG SONTIKO 


KELUARGA BESAR EYANG KASAN MUSTARI 


KELUARGA BESAR EYANG KASAN ISTAR | IKKI


KELUARGA BESAR EYANG SETRO KARIJO 


KELUARGA BESAR EYANG KARMO WIRONO 


KELUARGA BESAR EYANG NGADIMIN SUMO PRAWIRO 


KELUARGA BESAR 


KELUARGA BESAR 









*










edited 13g07-23g12